Cara Penyembuhan Pengapuran Tulang Belakang - Lamina Rehab - Pusat Terapi Fisik dan Fungsional
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Cara Penyembuhan Pengapuran Tulang Belakang

  • Home
  • -
  • blog
  • -
  • Cara Penyembuhan Pengapuran Tulang Belakang
 Cara Penyembuhan Pengapuran Tulang Belakang

Cara penyembuhan pengapuran tulang belakang dapat menjadi salah satu solusi Anda untuk mengurangi nyeri.

Nyeri akibat pengapuran (osteoartritis) tulang belakang lambat laun akan membuat serangkain aktivitas Anda tertunda.

Ada beberapa cara penyembuhan pengapuran tulang belakang yang dapat Anda lakukan di rumah guna membantu meredakan nyeri dan meningkatkan fleksbilitas sendi tulang belakang.

Meskipun langkah berikut dapat Anda lakukan secara mandiri namun ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Manfaat Selalu Aktif Secara Fisik

Olahraga atau aktif secara fisik dengan teratur dapat membantu menjaga kekuatan otot agar tetap lentur atau fleksibel. Hal ini dibutuhkan untuk membantu mengendalikan nyeri dan bengkak pada sendi yang mengalami kerusakan akibat pengapuran.

Olahraga juga bisa membantu Anda membakar kalori sehingga berat badan yang berlebihan dapat Anda pangkas dengan olahraga agar tidak ada lagi beban berlebihan pada sendi tulang belakang dan sendi lainnya.

Olahraga juga dapat menghilangkan stres, memperbaiki mood, dan mengurangi rasa cemas berkepanjangan karena olahraga dapat melepaskan hormone endorfin  yang dapat membuat Anda tetap happy dan memiliki positive thinking yang sama pentingnya sebagai salah satu cara penyembuhan pengapuran tulang belakang.

Cara Penyembuhan Pengapuran Tulang Belakang

1.Istirahat berkala atau teratur

Kadang dengan cara berbaring dengan posisi seperti janin dalam kandungan, dapat membantu meringankan nyeri. Nyeri ini juga bisa menjadi isyarat agar Anda segera beristirahat sehingga sendi dan jaringan lainnya juga dapat memulihkan diri.

2.Kompres hangat atau dingin

Menggunakan bantalan penghangat juga dapat membantu meredakan kaku otot sehingga Anda bisa melakukan aktivitas. Lakukan kompres 15-20 menit setelah beraktivitas dapat bentu mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri dengan cepat.

3.Menurunkan berat badan

Berat yang berlebihan dapat memberikan tekanan atau beban berlebihan pula pada semua sendi termasuk sendi tulang belakang.

4.Latihan fisik atau olahraga

Latihan atau gerakan yang dapat membantu memperkuat dan meregangkan otot-otot tulang belakang sangat penting sebagai salah satu cara penyembuhan pengapuran tulang belakang.

Otot punggung dan leher yang kuat dan fleksibel dapat menopang tulang belakang dengan baik sehingga dapat mengurangi tekanan atau beban pada bantalan sendi tulang belakang dan sendi facet.

Latihan fisik sebagai salah satu cara penyembuhan pengapuran tulang belakang yang dapat membantu mencegah perburukan pengapuran tulang belakang.

Program latihan dapat mencakup:

-Latihan otot leher dan punggung untuk membangun atau meningkatkan kekuatan otot sehingga tekanan pada sendi menjadi berkurang.  

-Latihan aerobik berdampak rendah untuk membantu menjaga kesehatan organ lainnya seperti paru-paru, jantung, pernapasan, dan peredaran darah, serta juga dapat membantu mengendalikan berat badan. Misalnya berjalan kaki, sepeda statis dan olahraga dalam air.

-Berbagai latihan yang fokus pada untuk menjaga kelenturan sendi dan otot-otot tulang belakang, menghilangkan kekakuan, dan memperbaiki rentang gerakan tulang belakang. Contohnya tai chi.

Latihan 1: Side stretch

Otot-otot punggung dari atas hingga bawah membantu menjaga tulang belakang tetap stabil. Nah untuk membantu otot-otot tersebut tetap kuat, coba gerakan yang satu ini.

  • Berdiri tegak dan miringkan badan ke salah satu sisi
  • Rasakan peregangan pada sisi berlawanan.
  • Kembali tegak dan coba lakukan ke sisi lainnya.
  • Lakukan 10 kali pada setiap sisi.
  • Anda dapat menggunakan dumb bell yang ringan bila sudah terbiasa dengan gerakan ini.

Latihan 2: W stretch

Gerakan ini layaknya membentuk huruf W dengan cara:

  • Posisikan kedua lengan ke samping dan tekuk pada siku seperti huruf W
  • Kemudian dorong kedua bahu ke belakang sampai tulang belikat terasa tertekan secara bersamaan
  • Tahan selama 3 detik sebelum kembali ke posisi semula dan mengulangi gerakan ini.
  • Jangan lupa postur tubuh tetap tegak

Persiapan Olahraga atau Latihan Fisik Sebagai Cara Penyembuhan Pengapuran Tulang Belakang

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga atau latihan fisik apapun. Anda yang mengalami pengapuran tulang belakang perlu melakukan pemanasan sekitar 10-15 menit. Lakukan saja berjalan atau layaknya berbaris.

Anda bisa mengoleskan krim hangat atau kompres hangat sebelum berolahraga agar dapat membantu meningkatkan atau memperbaiki fleksibilitas sendi, membantu mengurangi kekakuan otot dan membantu perburukan cedera.

Lakukan pendinginan setelah olahraga. Latihan pendinginan ini sama efektifnya dengan pemanasan sebelum olahraga. Jadi Anda perlu luangkan waktu untuk melakukannya.

Untuk meredakan atau mengurangi risiko terjadinya bengkak, Anda juga bisa memberikan kompres es atau dingin seusai melakukan latihan fisik ini.  

Alat Bantu

Sebagai salah satu cara penyembuhan pengapuran tulang belakang adalah dengan menggunakan alat bantu.

Alat bantu tersebut dapat membantu Anda menjaga kestabilan tulang belakang dan mengurangi atau menghilangkan tekanan berlebihan pada tulang belakang.

Alat bantu dapat berupa:

  • Alas tidur atau kasur yang padat atau kokoh
  • Menggunakan tongkat saat berjalan atau berdiri
  • Penggunaan bantal yang benar saat tidur.
  • Korset agar beban pada tulang belakang menjadi berkurang. Pilihan korset ini akan ditentukan oleh dokter saat Anda berkonsultasi.

Tips Sehat

Bila tulang belakang atau punggung terasa nyeri akibat pengapuran, berikut beberapa langkah yang perlu Anda pahami:

-Jangan lupa selalu menggunakan sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga yang Anda lakukan atau sesuai dengan bentuk anatomi kaki

-Jalan sesantai mungkin tanpa perlu menghentakkan kaki

-Jika memungkinkan, hindari jalanan yang keras seperti aspal

-Selalu menjaga postur tubuh tetap tegak saat berjalan kaki

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10.00 - 22.00
Selasa : 10.00 - 22.00
Rabu : 10.00 - 22.00
Kamis : 10.00 - 22.00
Jumat : 10.00 - 22.00
Sabtu : 10.00 - 22.00
Minggu : Closed

©2020, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online