Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

5 Cara Efektif Mencegah Carpal Tunnel Syndrome

carpal tunnel syndrome

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah kondisi yang umum terjadi akibat tekanan pada saraf median di pergelangan tangan. Gejalanya termasuk nyeri, mati rasa, dan kesemutan pada jari-jari, telapak tangan, serta lengan. Meskipun CTS sering terjadi pada pekerja yang menggunakan komputer secara berlebihan, gejalanya juga bisa muncul karena berbagai aktivitas fisik lainnya. 

Mencegah Terjadinya Carpal Tunnel Syndrome

Ada beberapa langkah yang efektif untuk mencegah terjadinya Carpal Tunnel Syndrome, seperti penjelasan berikut. 

1. Posisi Kerja yang Benar

Posisi kerja yang buruk dapat meningkatkan risiko CTS. Pastikan meja kerja Anda memiliki ketinggian yang sesuai dan kursi yang ergonomis. Pastikan juga posisi pergelangan tangan tetap netral saat mengetik atau menggunakan mouse. Hindari menekuk pergelangan tangan secara ekstrem atau memiringkan tangan terlalu jauh ke arah kiri atau kanan.

2. Istirahat dan Peregangan Rutin

Istirahat dan peregangan sangat penting untuk mengurangi tekanan pada pergelangan tangan. Setiap jam, berikan istirahat sejenak dan lakukan peregangan pergelangan tangan dengan cara memutar pergelangan tangan perlahan ke segala arah. Peregangan ini membantu melonggarkan otot-otot yang terlibat dalam gerakan repetitif.

3. Gunakan Peralatan Kerja yang Sesuai

Pastikan lingkungan kerja Anda mendukung kenyamanan dan kesehatan. Gunakan peralatan yang dengan fungsi dan bentuk secara ergonomis, seperti keyboard yang mendukung posisi alami pergelangan tangan. Gunakan bantalan gel atau penyangga pergelangan tangan untuk memberikan dukungan tambahan saat mengetik.

4. Lakukan Latihan Kekuatan dan Fleksibilitas

Melakukan latihan kekuatan dan fleksibilitas pada otot-otot pergelangan tangan dan lengan dapat membantu memperkuat area tersebut. Latihan ini dapat mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kekuatan untuk mencegah tekanan berlebih yang dapat menyebabkan CTS.

Carpal Tunnel Syndrome dapat dihindari dengan melakukan berbagai cara di atas. Mengambil langkah-langkah preventif ini tidak hanya akan membantu mencegah CTS, tetapi juga akan meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas Anda dalam jangka panjang. 

Namun, jika gejala semakin memburuk, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter rehabilitasi medik di Lamina Rehab untuk diagnosis dan penanganan yang tepat. Silakan menghubungi tim Assistance Center kami di nomor 021-2237-9999 atau chat whatsapp ke 0811 8124 2022.

Baca juga: Fisioterapi Pada Penderita Carpal Tunnel Syndrome

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Carpal Tunnel Syndrome (CTS)?

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah kondisi yang umum terjadi akibat tekanan pada saraf median di pergelangan tangan. Gejalanya termasuk nyeri, mati rasa, dan kesemutan pada jari-jari, telapak tangan, serta lengan.

Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Carpal Tunnel Syndrome?

Beberapa langkah yang efektif untuk mencegah terjadinya CTS, diantaranya: 1. Posisi kerja yang benar 2. Istirahat dan peregangan rutin 3. Gunakan peralatan kerja yang ssuai 4. Lakukan latihan kekuatan dan fleksibilitas

Bagaimana Posisi Kerja yang Benar untuk Mencegah CTS?

Pastikan meja kerja memiliki ketinggian yang sesuai dan kursi yang ergonomis. Pastikan posisi pergelangan tangan tetap netral saat mengetik atau menggunakan mouse. Hindari menekuk pergelangan tangan secara ekstrem atau memiringkan tangan terlalu jauh ke arah kiri atau kanan.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online