Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Ini Dia Berbagai Fakta Unik Tulang, Otot, dan Sendi Dalam Tubuh Kita

fakta unik tulang, otot, dan sendi dalam tubuh

Tulang, otot, dan sendi merupakan komponen penting dalam sistem muskuloskeletal tubuh manusia. Mereka berperan dalam memberikan kerangka tubuh, memberikan kekuatan, mendukung gerakan, dan melindungi organ-organ vital. Di balik fungsi-fungsi ini, ada banyak fakta unik yang menarik tentang tulang, otot, dan sendi. Yuk, kita bahas beberapa fakta menarik tentang ketiga bagian tubuh ini.

Tulang

  • Tulang adalah jaringan hidup yang terus tumbuh dan berkembang sepanjang kehidupan manusia. Tulang baru terus-menerus dibentuk saat kita tumbuh, dan tulang tua dipecahkan dan digantikan oleh tulang yang baru.
  • Tulang manusia lebih kuat daripada beton. Tulang paha, misalnya, lebih kuat daripada beton yang sejenis dalam kualitas dan ukuran yang sama.
  • Tulang manusia mengandung sumsum tulang, yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Sumsum tulang ini terutama ditemukan di bagian dalam tulang pipa.

Otot

  • Manusia memiliki lebih dari 600 otot, yang berperan dalam gerakan tubuh. Otot-otot ini bekerja sama untuk melakukan gerakan yang kompleks, seperti berjalan, berlari, dan mengangkat benda berat.
  • Otot rangka, yang melekat pada tulang, biasanya bekerja secara berpasangan. Ketika satu otot berkontraksi (mengerut), otot pasangannya berelaksasi (melonggar). Ini memungkinkan gerakan yang halus dan koordinasi yang baik.
  • Otot jantung adalah satu-satunya otot yang tidak terkontrol secara sadar. Ini berkontraksi secara otomatis untuk memompa darah ke seluruh tubuh kita.

Sendi

  • Sendi adalah tempat pertemuan antara dua tulang di tubuh kita. Mereka memungkinkan gerakan fleksibel dan memberikan stabilitas pada tubuh.
  • Manusia memiliki berbagai jenis sendi, termasuk sendi engsel (seperti sendi siku dan lutut), sendi peluru (seperti sendi bahu), dan sendi pelana (seperti sendi ibu jari).
  • Sendi-sendi tertentu, seperti sendi panggul, memiliki rentang gerakan yang lebih besar daripada yang lain. Sendi panggul memungkinkan gerakan seperti memutar, meluncur, dan berputar.
  • Sendi lutut adalah sendi terbesar dan terkuat dalam tubuh manusia. Ini mampu menahan berat badan dan tekanan yang besar selama aktivitas fisik.

Tulang, otot, dan sendi merupakan elemen yang saling terkait dan bekerja bersama untuk memungkinkan gerakan tubuh. Mempelajari fakta-fakta unik tentang bagian tubuh tersebut dapat membantu kita menghargai kompleksitas dan kekuatan sistem muskuloskeletal manusia. Sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi dengan olahraga yang teratur, pola makan sehat, dan perawatan yang baik, sehingga kita dapat menjalani kehidupan yang aktif dan bugar.

Baca juga: Rehabilitasi Medik untuk Patah Tulang: Mengembalikan Fungsi dan Kekuatan Anda

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online