Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Hydrotherapy: Terapi Air yang Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Hydrotherapy Terapi Air yang Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan - Lamina Rehab

Hydrotherapy, atau terapi air, adalah metode penyembuhan yang menggunakan medium air untuk meredakan rasa sakit, merelaksasi tubuh, dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Metode ini telah digunakan sejak lama, dan popularitasnya terus berkembang seiring waktu. Hydrotherapy juga cocok diterapkan untuk segala usia, bahkan pada orang-orang berusia lanjut yang kerap memiliki masalah kesehatan seperti osteoarthritis atau kondisi patah tulang.

Mengenal Apa itu Hydrotherapy?

Hydrotherapy (atau aquatherapy) merupakan salah satu jenis terapi fisik yang menggunakan air untuk membantu pemulihan berbagai penyakit. Terapi ini memanfaatkan penggunaan air dalam berbagai bentuk, mulai dari air hangat hingga air dingin, dari uap hingga air yang mengalir.

Terapi air dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk di kolam renang, bak mandi, sauna, dan shower. Tujuan utamanya adalah memanfaatkan sifat alami air untuk memberikan manfaat kesehatan, seperti mengurangi nyeri otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan mempercepat pemulihan.

Cara Kerja Hydrotherapy

Peralatan Hydrotherapy - Lamina Rehab

Photo by Lamina Pain and Spine Center

Hydrotherapy bekerja dalam beberapa cara, antara lain:

  • Suhu air (Water temperature): Air hangat bermanfaat untuk mendorong otot dan sendi tubuh untuk lebih rileks. Otot dan sendi yang rileks dapat membantu pasien bergerak lebih mudah dan melancarkan latihan di air.
  • Kemampuan mengapung (Buoyancy): Anda akan secara alami mengapung di air, sehingga air akan membantu menopang tubuh Anda sendiri. Hal ini dapat mengurangi ketegangan pada otot dan sendi.
  • Ketahanan (Resistance): Anda akan lebih sulit bergerak melalui air daripada di udara karena hambatannya. Hal ini akan membantu membangun kekuatan otot.

Mengapa Hydrotherapy Diperlukan? 

Hydrotherapy umumnya diperlukan untuk membantu meredakan gejala nyeri maupun kekakuan otot dan sendi. Dokter atau fisioterapis Anda mungkin menyarankan terapi air ini sebagai bagian dari rencana perawatan gejala penyakit untuk hasil yang lebih optimal.

Terapi air ini efektif dalam membantu Anda dalam mengelola gejala berikut

Kondisi Medis yang Dapat Ditangani dengan Hydrotherapy

Sebagian orang dengan kondisi medis tertentu dapat memanfaatkan terapi air untuk mengatasi gejalanya. Berikut adalah kondisi yang memerlukan hydrotherapy:

Manfaat Hydrotherapy bagi Kesehatan

  1. Mengurangi Nyeri dan Ketegangan Otot: Hydrotherapy dapat membantu meredakan nyeri otot dan ketegangan dengan cara meningkatkan aliran darah ke area yang terkena. Air hangat, khususnya, membantu melemaskan otot yang tegang dan mengurangi kekakuan.
  2. Meningkatkan Sirkulasi Darah: Penggunaan air panas dan dingin secara bergantian dapat merangsang sirkulasi darah. Ini membantu membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh, mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan.
  3. Meningkatkan Fleksibilitas dan Mobilitas Sendi: Balneotherapy, yang menggunakan air mineral panas, dapat membantu meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi nyeri pada kondisi seperti arthritis. Hal ini memungkinkan gerakan yang lebih bebas dan mengurangi rasa kaku.
  4. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kesehatan Mental: Terapi air juga dikenal efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan. Sensasi air yang menenangkan, dikombinasikan dengan suasana yang rileks, dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati.
  5. Detoksifikasi Tubuh: Terapi sauna dan steam room membantu membuka pori-pori kulit dan mendorong keluarnya racun melalui keringat. Ini dapat meningkatkan kesehatan kulit dan keseluruhan sistem tubuh.
  6. Meningkatkan Kualitas Tidur: Air hangat dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran sebelum tidur, membuat proses tidur menjadi lebih mudah dan lebih dalam.

Perhatikan Hal-hal Berikut 

Perhatikan Hal yang Memerlukan Hydrotherapy - Lamina Rehab

Photo by Lamina Pain and Spine Center

Tidak semua orang bisa melakukan hydrotherapy. Berikut kondisi yang harus diperhatikan:

  • Jika ada riwayat epilepsi, dan kejang
  • Jika ada masalah tidak bisa mengontrol buang air kecil maupun buang air besar
  • Memiliki riwayat penyakit jantung

Hydrotherapy adalah metode penyembuhan yang efektif dan alami yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Mulai dari mengurangi nyeri otot, pasca operasi hingga meningkatkan kualitas tidur, terapi air dapat menjadi bagian penting dari rutinitas perawatan kesehatan Anda. Dengan banyaknya pilihan jenis terapi air yang tersedia, Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda.

Jika tertarik mencoba hydrotherapy, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Lamina Rehab untuk memastikan metode yang dipilih aman dan juga efektif. Anda bisa membuat janji konsultasi dengan menghubungi tim Lamina Rehab melalui chat di nomor 0811-8124-2022.

***

Referensi penulisan:

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Hygrotherapy?

Hydrotherapy (atau aquatherapy) merupakan salah satu jenis terapi fisik yang menggunakan air untuk membantu pemulihan berbagai penyakit. Terapi ini memanfaatkan penggunaan air dalam berbagai bentuk, mulai dari air hangat hingga air dingin, dari uap hingga air yang mengalir.

Apa Saja Kondisi Medis yang Dapat Ditangani dengan Hydrotherapy?

“Osteoarthritis, neuropati, penyakit parkinson, multiple sclerosis (MS), ankylosing spondylitis (AS), patah tulang, obesitas, pasca operasi endoskopi tulang belakang merupakan beberapa kondisi yang dapat ditangani dengan hydrotherapy

Apa Kegunaan dan Manfaat Hydrotherapy?

Beberapa manfaat hydrotherapy bagi kesehatan, antara lain:

1. Mengurangi nyeri dan ketegangan otot

2. Meningkatkan sirkulasi darah

3. Meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas sendi

4. Mengurangi stress dan meningkatkan kesehatan mental

5. Meningkatkan kualitas tidur

***

Featured photo by Lamina Pain and Spine Center

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online