Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Ketahui Manfaat Rehabilitasi Medik untuk Nyeri Lutut

rehabilitasi nyeri lutut - Lamina Rehab
rehabilitasi nyeri lutut - Lamina Rehab

Rehabilitasi medik merupakan langkah penting dalam membantu mengatasi keluhan nyeri lutut yang Anda alami. Nyeri lutut memang bisa dialami oleh siapapun tanpa mengenal usia. Meskipun, beberapa kondisi seperti osteoarthritis biasanya lebih umum terjadi pada orang-orang lanjut usia (lansia). Penyebabnya pun beragam antara lain cedera, radang sendi kronis, dan kondisi medis lainnya. 

Dalam hal ini, perawatan nyeri lutut seperti rehabilitasi adalah langkah penting dalam membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi gerak, dan mencegah cedera lebih lanjut. 

Manfaat Rehabilitasi Medik untuk Nyeri Lutut

Photo by Freepik

Rehabilitasi medik untuk mengatasi nyeri lutut memiliki berbagai manfaat, antara lain:

Mengurangi Nyeri

Latihan rehabilitasi membantu mengurangi nyeri lutut dengan memperkuat otot-otot di sekitar sendi lutut. Otot yang kuat akan memberikan dukungan yang lebih baik pada lutut, mengurangi tekanan dan ketegangan pada sendi.

Meningkatkan Fleksibilitas dan Mobilitas

Rehabilitasi melibatkan latihan peregangan yang dapat meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas sendi lutut. Ini membantu dalam meningkatkan rentang gerak dan mengurangi kekakuan.

Meningkatkan Stabilitas

Melalui latihan keseimbangan dan penguatan, rehabilitasi membantu meningkatkan stabilitas lutut. Ini sangat penting untuk mencegah jatuh dan cedera lebih lanjut, terutama bagi mereka yang mengalami masalah keseimbangan.

Mempercepat Pemulihan

Rehabilitasi yang tepat dapat mempercepat proses pemulihan setelah cedera atau operasi lutut. Program rehabilitasi yang terstruktur dengan baik membantu pasien kembali ke aktivitas normal lebih cepat.

Mencegah Cedera Berulang

Rehabilitasi mengajarkan teknik dan latihan yang membantu mencegah cedera berulang. Ini termasuk penguatan otot-otot inti dan pelatihan keseimbangan yang membantu melindungi lutut dari cedera di masa depan.

Baca juga: Peran Penting Fisioterapis dalam Rehabilitasi Medik

Latihan Fisik untuk Nyeri Lutut

Berikut beberapa latihan rehabilitasi yang efektif untuk nyeri lutut:

  1. Quad Sets
    • Duduk atau berbaring dengan kaki lurus. Tekan lutut ke bawah untuk mengencangkan otot paha depan (quadriceps). Tahan selama 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi 10-15 kali.
  2. Straight Leg Raises
    • Berbaring telentang dengan satu kaki ditekuk dan kaki lainnya lurus. Angkat kaki lurus sekitar 15-30 cm dari lantai, tahan selama beberapa detik, lalu turunkan perlahan. Ulangi 10-15 kali untuk setiap kaki.
  3. Hamstring Curls
    • Berdiri dengan satu tangan berpegangan pada permukaan yang stabil. Angkat tumit ke arah bokong, tekuk lutut sebanyak mungkin. Tahan selama beberapa detik, lalu turunkan kaki kembali. Ulangi 10-15 kali untuk setiap kaki.
  4. Wall Sits
    • Berdiri dengan punggung menempel pada dinding. Geser tubuh ke bawah sampai lutut membentuk sudut 90 derajat, seperti duduk di kursi. Tahan posisi ini selama 10-15 detik, lalu kembali ke posisi berdiri. Ulangi 10 kali.
  5. Calf Raises
    • Berdiri dengan kedua kaki sejajar. Angkat tumit hingga berdiri di ujung jari kaki, tahan selama beberapa detik, lalu turunkan tumit kembali ke lantai. Ulangi 10-15 kali.

Selain latihan fisik tersebut, dokter dapat menyarankan terapi modalitas seperti penggunaan TENS, Ultrasound, RSWT ataupun Microwave Diathermy.

Tips untuk Rehabilitasi Nyeri Lutut

  • Konsultasikan dengan Dokter atau Fisioterapis: Sebelum memulai program rehabilitasi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau fisioterapis untuk memastikan latihan yang dilakukan sesuai dengan kondisi lutut.
  • Lakukan Pemanasan: Sebelum melakukan latihan, lakukan pemanasan ringan seperti jalan kaki atau peregangan dinamis untuk meningkatkan aliran darah ke otot.
  • Jaga Postur yang Benar: Selalu perhatikan postur tubuh saat melakukan latihan untuk menghindari cedera tambahan.
  • Perhatikan Sinyal Tubuh: Jika merasa nyeri yang berlebihan atau ketidaknyamanan selama latihan, hentikan segera dan konsultasikan dengan profesional kesehatan.

Rehabilitasi memainkan peran penting dalam mengatasi nyeri lutut dan meningkatkan kualitas hidup. Dengan program latihan yang tepat, nyeri dapat dikurangi, fungsi lutut dapat ditingkatkan, dan risiko cedera berulang dapat diminimalisir. 

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program rehabilitasi guna memastikan latihan yang aman dan efektif sesuai dengan kondisi lutut Anda. Untuk membuat janji konsultasi, Anda bisa menghubungi Lamina Rehab dengan chat ke nomor Whatsapp 0811-8124-2022.

Frequently Asked Question (FAQ)

Apa saja faktor penyebab nyeri lutut?

Nyeri lutut dapat disebabkan oleh cedera atau trauma saat berolahraga, radang sendi kronis, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis, serta kondisi medis lainnya.

Apakah nyeri lutut dapat membaik dengan menjalani rehabilitasi medik?

Ya, perawatan nyeri lutut seperti rehabilitasi adalah langkah penting dalam membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi gerak, dan mencegah cedera lebih lanjut.

Apa saja latihan fisik dalam program rehabilitasi medik untuk mengatasi nyeri lutut?

Berikut latihan yang efektif untuk nyeri lutut, antara lain quad sets, straight leg raises, hamstring curls, wall sit, calf raises

***

Feature photo from Freepik

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online