Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Latihan Mudah Ini Bisa Anda Coba untuk Mengatasi Low Back Pain!

mengatasi low back pain - Lamina Rehab
mengatasi low back pain - Lamina Rehab

Low back pain atau nyeri punggung bawah merupakan keluhan yang umum dialami oleh banyak orang. Bahkan, kondisi ini bukan hanya menyerang orang tua saja, namun bisa juga terjadi pada Anda yang berusia muda. Selain obat pereda nyeri, latihan khusus dapat membantu meredakan rasa nyerinya dan mengatasi low back pain.  Anda bisa memulai latihan dengan gerakan mudah dan kemudian cobalah untuk meningkatkan intensitasnya jika nyeri mulai berkurang. Namun, apabila kondisi punggung bawah terus memburuk, maka segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Latihan Kekuatan Otot Core

Otot-otot di sekitar perut, panggul, dan punggung bagian bawah membentuk inti atau core yang kuat. Latihan untuk menguatkan core dapat membantu mendukung tulang belakang, mengurangi tekanan pada bantalan tulang belakang, dan meningkatkan stabilitas postur tubuh.

  • Plank: Dengan berbaring telungkup, angkat tubuh Anda dengan menyokong berat badan pada lengan atau siku dan ujung kaki. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik.
  • Crunches: Lakukan gerakan naik-turun untuk melatih otot-otot perut.
  • Superman Exercise: Berbaring telentang dan angkat lengan dan kaki secara bersamaan, mempertahankan posisi selama beberapa detik.

Peregangan Fleksibilitas

Peregangan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan mengurangi tegangan pada area pinggang.

  • Hamstring Stretch: Duduk dengan kaki lurus di depan Anda, dan condongkan tubuh ke depan mencoba menyentuh jari kaki.
  • Cat-Cow Stretch: Pada posisi merangkak, letakkan pergelangan tangan di bawah bahu dan lutut. Tarik nafas, regangkan otot perut dan  lengkungkan punggung ke bawah. Tahan posisi selama 2-3 detik. Buang nafas dan lengkungkan kembali tulang belakang ke langit-langit. 

Latihan Keseimbangan

Melakukan latihan yang meningkatkan keseimbangan, seperti berdiri pada satu kaki atau melakukan gerakan keseimbangan di atas bola kecil, dapat membantu memperkuat otot-otot inti dan meningkatkan stabilitas tubuh.

Latihan Low-impact

Berenang atau bersepeda adalah jenis latihan low-impact, yang memiliki dampak rendah pada tulang belakang, dapat membantu memperkuat otot tanpa memberikan tekanan berlebih pada area pinggang.

Latihan Mobilisasi Sendi

Gerakan ringan yang fokus pada mobilisasi sendi, seperti putaran pinggul dan gerakan lingkaran dengan lutut ditekuk, dapat membantu menjaga fleksibilitas dan mencegah kekakuan.

Baca juga: Ikuti 7 Cara Ini untuk Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Low Back Pain?

1. Pelatihan kekuatan otot core 2. Peregangan fleksibilitas 3. Latihan keseimbangan 4. Latihan low-impact 5. Latihan mobilisasi sendi

Apa Contoh Latihan Kekuatan Otot Core?

Beberapa latihan untuk melatih kekuatan otot core diantaranya: plank, crunches dan superman exercise

Apa Contoh Latihan Peregangan Fleksibilitas?

Beberapa latihan untuk peregangan fleksibilitas antara lain: hamstring stetch dan cat-cow stretch

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online