Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Mengenal Tanda Dan Gejala Cedera ACL

cedera ACL

Cedera ACL atau Anterior Cruciate Ligaments adalah jenis gangguan yang terjadi pada lutut dan merupakan salah satu gangguan muskuloskeletal ligamen cruciatum anterior pada bagian lutut yang meregang berlebihan atau bahkan robek.

Ligamen ACL adalah salah satu ligamen utama pada bagian lutut manusia. Fungsi dari Ligamen ACL adalah untuk menstabilkan gerakan tulang pada sekitar lutut dan juga kaki. Kondisi ini terjadi akibat perubahan mendadak pada arah persendian lutut. Kemungkinan akan terdengar bunyi kecil yang bersamaan dengan rasa nyeri yang timbul serta pembengkakan pada penderita cedera ACL. 

Cedera ACL dapat terjadi tergantung pada tingkat keparahan dan juga seberapa berat aktivitas yang dilakukan. Pada kasus ini, ligamen bisa saja robek sebagian atau bahkan seluruh bagiannya. Cedera yang muncul pun beragam, bisa ringan, maupun parah.

Pada dasarnya, pengobatan ini bertujuan agar pasien dapat kembali melakukan aktivitas dengan normal setelah cedera. Proses penyembuhan cedera ini rata-rata sekitar 6 hingga 9 bulan sampai pasien dapat benar-benar pulih. Hal ini juga tergantung dengan seberapa parah kondisi yang pasien alami. 

Baca juga: Pangkal Paha Sakit? Atasi dengan PLDD hanya 10 Menit di Lamina!

Tanda dan gejala yang perlu kamu ketahui

Cedera ACL, bisa kamu hindari dengan cara lebih peduli dan berhati-hati, terutama saat melakukan aktivitas fisik yang cukup berat. Berikut adalah gejala lain dari masalah ini yang perlu kamu ketahui:

  1. Muncul suara pada lutut

    Ketika cedera ACL terjadi, kamu bisa mendengar suara keras dari lutut. Biasanya penderita akan merasakan pergeseran sendi dan nyeri yang luar biasa pada lutut, meskipun mungkin kamu tidak akan mendengar suara apapun.
  2. Lutut terasa tidak stabil

    Lutut terasa tidak stabil akibat adanya kerusakan pada ligamen anterior yang terdapat pada sendi lutut dan mempengaruhi kestabilan dan juga. Ketika terjadi cedera ACL, sendi pada lutut akan tidak stabil.

    Kondisi ini menyebabkan tubuh kehilangan rentang gerak dan terasa tidak seimbang. Kemudian, pada sendi pada lutut juga cenderung mengalami kerusakan. Biasanya, pada gerakan memutar yang mendadak berpotensi menyebabkan terjadinya kondisi ini.
  3. Pembengkakan dan rasa sakit pada lutut

    Kondisi sendi robek dapat mengakibatkan terjadinya pembengkakan hingga beberapa menit atau jam kemudian. Hal ini dapat terjadi akibat adanya pendarahan pada bagian dalam lutut.

    Setelah munculnya bengkak, biasanya pasien akan mengalami rasa sakit yang sangat parah sehingga tubuh tidak dapat beraktivitas. Rasa sakit pada setiap orang berbeda-beda, tergantung pada seberapa parah kerusakan yang terjadi.

Penyebab

Penyebab terjadinya masalah ini secara sederhana karena adanya pergerakan tubuh yang salah. Selain itu penyebab cedera ACL juga akibat terjadinya kegiatan fisik seperti berhenti bergerak terlalu cepat, berubah arah mendadak pada saat berlari, atau melompat dan mendarat dengan posisi yang tidak wajar. Selain itu aktivitas fisik harian juga bisa menjadi penyebab terjadinya cedera ACL, seperti terjatuh dari tangga. Kecelakaan pada aktivitas harian ini dapat menyebabkan terjadinya peregangan sendi lutut dan cedera. Kondisi ini juga dapat terjadi akibat adanya kontak fisik atau terkena benturan yang sangat keras pada anggota tubuh.

Cedera ACL sering terjadi bersamaan dengan cedera lainnya, seperti adanya robeknya bagian lain dari ligamen lutut dan juga tulang rawan yang menyerap goncangan pada lutut. Jenis cedera ini umumnya terjadi pada jenis olahraga seperti, sepak bola, basket, ski, dan olahraga lainnya yang mengharuskan tubuh melakukan banyak gerakan berat, melompat, atau berlari dengan arah berbelok-belok.

Baca juga: Manfaat dan Kelebihan Fisioterapi Dibanding Pengobatan Lainnya!

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online