Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

4 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Pasca Endoskopi Tulang Belakang

olahraga pasca endoskopi

Olahraga pasca tindakan endoskopi sangat penting dalam proses pemulihan pasien. Pada umumnya, setelah menjalani program rehabilitasi medik Anda dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari dan bahkan bisa kembali berolahraga. Gerakan olahraga yang spesifik dan tepat dapat membantu penyembuhan pasien lebih cepat dan menyeluruh. Untuk menjalankan program latihan, sebaiknya memang dilakukan dengan pengawasan dokter agar lebih aman dan efektif. 

Berikut ini adalah beberapa latihan atau olahraga yang dapat Anda lakukan setelah tindakan endoskopi tulang belakang: 

Berenang

Berenang merupakan latihan yang tepat untuk tulang belakang agar kuat dan sehat. Beberapa gerakan dalam renang seperti mengayuh kaki atau tangan dapat membantu tulang belakang dan otot tubuh menjadi simetris dan seimbang. Gaya bebas dan gaya punggung merupakan gerakan yang aman bagi tulang belakang, dan dapat meregangkan tulang belakang secara maksimal.

Berjalan

Berjalan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat otot kaki dan tulang belakang, serta meningkatkan fleksibilitas tubuh. Namun, pasien perlu memperhatikan intensitas dan durasi berjalan, tergantung pada kondisi kesehatan dan tingkat keparahan operasi.

Bersepeda

Bersepeda dapat melatih kekuatan tulang, menguatkan otot dan sendi di tulang belakang. Anda bisa mulai bersepeda setiap hari selama kurang lebih 1-2 jam atau menyesuaikan dengan kondisi Anda pasca tindakan. Ingat untuk tidak terlalu membungkuk saat bersepeda.

Yoga atau pilates

Yoga atau pilates termasuk olahraga yang aman bagi penderita nyeri tulang belakang. Olahraga ini termasuk latihan ringan yang dapat memaksimalkan fungsi tulang belakang, melatih kelenturan dan kekuatan tulang belakang.

Selalu konsultasikan latihan yang Anda lakukan dengan dokter ahli agar hasil kesembuhan pasca endoskopi lebih maksimal dan tidak terjadi risiko komplikasi lainnya. 

Semoga sehat selalu!

Baca juga: Apa Tujuan Rehabilitasi Medik untuk Penderita Saraf Kejepit?

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online