Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Proses Pemulihan Pasca Pembedahan dengan Fisioterapi

pemulihan pasca pembedahan - lamina rehab
pemulihan pasca pembedahan - lamina rehab

Pembedahan adalah langkah medis yang seringkali diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti cedera, penyakit, atau kondisi medis tertentu. Proses pemulihan pasca pembedahan mungkin bisa menjadi tantangan yang signifikan bagi Anda, dan fisioterapi memiliki peran penting dalam membantu mengembalikan kesehatan dan mobilitas secara optimal. 

Peran Fisioterapi dalam Pemulihan Pasca Pembedahan

Beberapa peran fisioterapi sebagai berikut:

Mengurangi Nyeri dan Pembengkakan

Salah satu manfaat utama fisioterapi dalam pemulihan pasca pembedahan adalah kemampuannya untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan. Terapi fisik seperti teknik manual, modalitas fisik seperti panas atau dingin, serta latihan tertentu dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan pasca operasi.

Meningkatkan Mobilitas dan Kekuatan 

Pasca pembedahan, Anda mungkin akan mengalami penurunan mobilitas dan kekuatan otot. Dokter akan bekerjasama dengan fisioterapis untuk merancang program latihan yang sesuai dengan kondisi medis yang anda alami. Latihan ini bertujuan untuk memperbaiki mobilitas, mengembalikan kekuatan otot, dan meningkatkan keseimbangan.

Mempercepat Proses Pemulihan

Fisioterapi dapat membantu mempercepat proses pemulihan pasca pembedahan dengan memastikan bahwa anda dapat bergerak secara aman dan efektif. Hal ini membantu mencegah komplikasi seperti pembekuan darah atau kelemahan otot yang berkepanjangan.

Mengurangi Risiko Kecacatan

Dalam beberapa kasus, operasi bisa menimbulkan risiko tinggi mengalami kecacatan. Fisioterapi dapat membantu mengurangi risiko ini dengan mengoptimalkan pemulihan pasca operasi dan menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.

Proses Fisioterapi Pasca Pembedahan

  1. Fisioterapis akan melakukan evaluasi awal untuk menentukan tingkat kesehatan dan mobilitas pasien. 
  2. Berdasarkan evaluasi awal, fisioterapis akan merancang rencana perawatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Terapi fisik termasuk jenis latihan, teknik manual, dan modalitas lain yang akan digunakan.
  3. Mulai menjalani sesi fisioterapi yang sesuai dengan rencana perawatan. Fisioterapis akan memandu anda melalui latihan-latihan yang dirancang untuk memaksimalkan pemulihan.
  4. Dokter akan mengevaluasi perkembangan kondisi anda secara berkala, dan rencana perawatan dapat disesuaikan dengan perubahan yang terjadi. 

Fisioterapi memainkan peran penting dalam proses pemulihan pasca pembedahan. Melalui berbagai teknik dan perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu, fisioterapi membantu pasien mengatasi nyeri, meningkatkan mobilitas, dan meraih kualitas hidup yang lebih baik setelah operasi. 

Sebelum menjalani fisioterapi, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medik di Lamina Rehab untuk mendapatkan diagnosis dan terapi yang sesuai. Hal ini guna memastikan proses pemulihan yang lebih optimal. 

Anda bisa membuat janji konsultasi dengan dokter kami di Lamina Rehab dengan menghubungi nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Bagaimana Peran Fisioterapi pada Pemulihan Pasca Bedah?

1. Mengurangi nyeri dan pembengkakan 2. Meningkatkan mobilitas dan kekuatan 3. Mempercepat proses pemulihan 4. Mengurangi risiko kecacatan

Bagaimana Prosedur Fisioterapi Pasca Pembedahan?

1. Fisioterapis akan melakukan evaluasi awal. 2. Berdasarkan evaluasi awal, fisioterapis akan merancang rencana perawatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien. 3. Mulai menjalani sesi fisioterapi yang sesuai dengan rencana perawatan. 4. Dokter akan mengevaluasi perkembangan kondisi anda secara berkala, dan rencana perawatan dapat disesuaikan dengan perubahan yang terjadi.

Kenapa Fisioterapi Dapat Mengurangi Risiko Kecacatan?

Dalam beberapa kasus, operasi bisa menimbulkan risiko tinggi mengalami kecacatan. Fisioterapi dapat membantu mengurangi risiko ini dengan mengoptimalkan pemulihan pasca operasi dan menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online