Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Punggung Belakang Nyeri, Begini Penanganannya

Apakah pernah mengalami punggung belakang nyeri yang tak tertahankan? Penyebabnya bervariasi, bisa karena cedera, artritis, masalah pada tulang belakang,  osteoporosis atau COVID-19.  Sebelum menjalani pengobatan, ketahui lebih dulu penyebabnya

Pengobatan keluhan ini berbeda-beda pada setiap orang, bergantung pada jenis, penyebab, dan tingkat keparahan dari nyerinya.  Secara umum, pengobatannya terbagi menjadi dua, yaitu  yang baru terjadi (akut) atau yang sudah menahun (kronis)

Menangani Punggung Belakang Nyeri Akut

Nyeri punggung akut bisa teratasi dengan pengobatan sederhana dan dilakukan di rumah. Namun, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter juga. Berikut  cara menangani nyeri punggung akut, antara lain:

  • Melakukan aktivitas fisik ringan.
    Melakukan aktivitas fisik, terutama pada bagian punggung, bisa membantu mempersingkat waktu penyembuhan. Olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau melakukan kegiatan sehari-hari, justru akan membantu pemulihan. Aktivitas ini bisa kamu tingkatkan dari hari ke hari. Sebaiknya, juga hindari aktivitas berat yang bisa menimbulkan keparahan pada rasa nyeri yang kamu alami.
  • Mengompres area yang sakit
    Kamu bisa mengompres dingin atau hangat pada area yang sakit untuk membantu meringankan ketegangan otot. Selain mengompres, kamu bisa juga mandi atau berendam dengan air hangat.
  • Obat pereda nyeri.
    Mengonsumsi obat-obatan juga bisa dilakukan untuk meredakan nyeri yang sedang kamu alami. Konsultasikan dengan dokter, obat apa yang tepat untuk kondisi kamu.
  • Menjalani gaya hidup.
    Olahraga secara teratur dapat membantu mencegah kelebihan berat badan, stres dan postur tubuh yang buruk sehingga dapat terhindar dari keluhan
  • Posisi tidur.
    Mengubah posisi tidur bisa membantu meringankany sakit dan tekanan pada punggung. Jika kamu terbiasa tidur terlentang, bisa tambahkan bantal pada bawah lutut. Jika terbiasa tidur menyamping, angkat tungkai ke dada, lalu letakkan bantal antara kedua tungkai.

Pengobatan Nyeri Punggung Kronis

 Beberapa pengobatan yang dapat dokter rekomendasikan oleh dokter untuk, antara lain:

  • Fisioterapi.
    Terapi untuk memperbaiki fungsi gerak motorik akibat cedera, cacat atau penyakit.
  • Olahraga.
    Olahraga bertujuan untuk membantu memperbaiki postur tubuh dan menguatkan otot penderita. Kamu bisa melakukan  peregangan dan aerobik.
  • Terapi Perilaku Kognitif.
    Terapi perilaku kognitif (CBT) bisa membantu menghilangkan pikiran buruk terkait nyeri punggung yang diderita, sehingga dapat membantu proses penyembuhan.

Jika semua cara masih berhasil, dokter dapat menyarankan pilihan untuk melakukan pembedahan.

Pembedahan Untuk Nyeri Punggung

Berikut ini adalah beberapa jenis operasi tulang belakang yang dapat dijalani:

  • Operasi dekompresi tulang belakang.
    Tindakan ini bertujuan meredakan nyeri punggung yang muncul akibat adanya tekanan pada saraf.
  • Operasi fusi atau penyatuan tulang belakang
    Operasi ini bertujuan untuk mengurang rasa sakit yang muncul akibat pergerakan tulang berulang-ulang.

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online