Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Beberapa Penyebab Terjadinya Lutut Panas

lutut panas

Lutut panas bisa terjadi pada semua umur. Salah satu bagian sendi pada susunan tubuh manusia yang paling aktif adalah lutut. Ketika lutut terasa nyeri, maka akan menghambat banyak aktivitas harian. Misalnya lutut panas dan sensasi seperti terbakar yang terjadi, kondisi ini tentunya sangat mengganggu dan perlu penanganan tepat agar tidak menimbulkan komplikasi. 

Penyebab lutut panas 

Kondisi lutut panas seperti terbakar memang bukan kondisi kesehatan yang normal. Melansir Healthline (2019), penyebab lutut panas bisa terjadi pada bagian lutut mana saja, mulai dari bagian lutut depan, bagian lutut kanan dan bagian lutut kiri hingga keseluruhan area lutut. 

Lutut panas bisa mengganggu aktivitas harian dan menyebabkan penderita tidak nyaman. Kondisi ini sebaiknya tidak dianggap sepele karena merupakan tanda dari penyakit lutut yang bermasalah. Berikut beberapa penyebabnya yang perlu kamu tahu: 

Ligamen pada lutut yang robek 

Mengutip dari Hopkins Medicine (2019), lutut panas pada bagian belakang merupakan gejala terjadinya luka atau robekan pada ligamen yang merupakan bagian jaringan ikat yang kuat dan juga leastis. Fungsi jaringan ligamen adalah melindungi sendiri, termasuk pada bagian lutut dan juga menstabilkan gerak sendi. Karena fungsinya yang cukup kompleks makan jika terjadi masalah pada ligamen, maka sendi lutut pun menjadi tidak stabil dan menyulitkan kamu untuk bergerak. 

Kondisi robeknya ligamen banyak terjadi pada atlet olahraga, umumnya mereka mengatasi kondisi ini dengan rutin melakukan latihan dan peregangan otot. Selain itu, untuk melindungi lutut dari cedera kamu juga perlu perlindungan khusus. Pemeriksaan ke dokter sangat perlu untuk mengetahui pengobatan yang efektif jika terjadi robeknya ligamen pada lutut. 

Baca juga: Mengenal Penyakit Kelainan Tulang Kaki Pada Anak-anak

Tulang rawan yang robek 

Penyebab lutut panas juga bisa akibat tulang rawan yang robek. Salah satu jaringan yang cukup sering terjadi adalah tulang rawan. Jaringan pada tulang rawan biasanya melapisi permukaan pada sendir dan bisa membuat tulang-tulang bergeser. 

Umumnya penyebab robeknya tulang rawan adalah akibat cedera saat berolahraga. Kondisi inilah yang membuat lutut terasa seolah terbakar. Biasanya gangguan ini bisa berangsur pulih dengan berjalannya waktu. Namun jika kondisinya semakin parah dan tidak mendapatkan pengobatan yang tepat, maka bisa menyebabkan masalah baru pada sendi, seperti: 

  • Terjadi mati rasa, kedinginan atau perubahan pada warna kulit di area yang mengalami cedera. 
  • Rasa sakit luar biasa yang tidak dapat berkurang dengan obat penghilang anti nyeri. 
  • Munculnya benjolan ataupun bengkok pada area yang mengalami cedera. 

Jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut, maka pada bagian lutut akan semakin parah. Segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik dari masalah yang kamu rasakan. 

Osteoarthritis lutut

Penyakit osteoarthritis yang paling banyak terjadi adalah pada bagian lutut. Keluhan ini banyak terjadi pada mereka yang sudah berumur di atas 50 tahun. Namun, saat ini osteoarthritis lutut juga banyak terjadi pada mereka yang berusia muda. Salah satu gejala osteoarthritis lutut yang paling banyak penderitanya keluhkan adalah kondisi lutut panas seperti terbakar. 

Ketika osteoarthritis lutut terjadi pada bagian tulang rawan, maka secara perlahan bisa hilang dan menyusut. Kondisi pelindung sendi lutut berikutnya akan berkurang fungsinya karena adanya gesekan tulang yang menimbulkan nyeri.

Lutut panas tidak boleh kamu anggap sepele, hal ini karena seiring berjalannya waktu jika tidak mendapatkan penanganan tepat, maka lutut panas dan nyeri bisa semakin membatasi gerak dan aktivitas harian mu.  

Chondromalacia

Lutut panas juga bisa terjadi akibat chondromalacia. Gangguan chondromalacia terjadi akibat melunaknya tulang rawan hingga pecah. Karena kondisi tersebut, tulang rawan tidak bisa melindungi ujung tulang sendi bergerak. 

Penyakit chondromalacia bisa terjadi pada area manapun. Namun, area lutut adalah yang paling sering mengalami gangguan ini. Kondisi ini berawal ketika area kecil pada bagian tulang rawan melunak dan berubah. Berikutnya kondisi potongan tulang rawan yang tertinggal pada bagian dalam sendi dan mengiritasi sel yang melapisi sendi bisa menjadi penyebab chondromalacia.

Chondromalacia bisa terjadi akibat beberapa hal, seperti: 

  • Adanya infeksi pada lutut, 
  • Patah tulang pada bagian tempurung lutut, 
  • Otot pada tulang yang tidak selaras dengan sendi, 
  • Perdarahan dalam yang terus berulang pada sendi, 
  • Kebiasaan menggunakan obat steroid untuk bagian lutut. 

Baca juga: Atasi Nyeri Pinggang dengan Microwave Diathermy

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online