Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Fisioterapi Sebagai Pengobatan Non-Bedah untuk Skoliosis

fisioterapi untuk skoliosis

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang yang ditandai dengan lengkungan lateral yang abnormal. Dalam kasus yang parah, kondisi ini dapat mengganggu fungsi pernapasan, menyebabkan nyeri, dan membatasi mobilitas. Selain perawatan bedah, fisioterapi juga telah terbukti efektif dalam mengelola gejala dan mengurangi progresivitas skoliosis. 

Penilaian Awal

Sebelum memulai program fisioterapi, seorang fisioterapis akan melihat hasil diagnosis penyakit dari dokter terkait yang menangani pasien. Umumnya, evaluasi awal meliputi pemeriksaan postur, mobilitas tulang belakang, kekuatan otot, dan penilaian terhadap kelainan tulang belakang.

Teknik Fisioterapi untuk Skoliosis

  • Latihan Terapi: Fisioterapis akan merancang program latihan yang sesuai untuk memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot-otot yang lemah, dan memperbaiki fleksibilitas tulang belakang.
  • Teknik Manual: Teknik manual seperti manipulasi tulang belakang, perpanjangan tulang belakang, dan mobilisasi jaringan lunak dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan mengurangi kekakuan tulang belakang.
  • Konseling/ Edukasi: Fisioterapis juga akan memberikan edukasi kepada pasien dan keluarganya tentang manajemen skoliosis, termasuk teknik mempertahankan postur yang baik, ergonomi, dan strategi untuk mengurangi beban pada tulang belakang.

Manfaat Fisioterapi

  • Mengurangi Progresivitas: Program fisioterapi yang teratur dapat membantu mengurangi progresivitas skoliosis pada anak-anak dan remaja.
  • Meningkatkan Fungsi Respirasi: Latihan pernapasan dan teknik postur yang diajarkan oleh fisioterapis dapat membantu memperbaiki fungsi pernapasan pada kasus skoliosis yang parah.
  • Mengurangi Nyeri: Fisioterapi dapat membantu mengurangi nyeri yang terkait dengan skoliosis melalui teknik manual dan latihan yang tepat. 
  • Meningkatkan Kualitas Hidup: Dengan memperbaiki postur, kekuatan otot, dan mobilitas, fisioterapi dapat membantu pasien dengan skoliosis untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Pada keluhan skoliosis, terapi yang cukup efektif yaitu dengan menggunakan modalitas manuthera. Manuthera Lojer 242 merupakan alat berteknologi tinggi yang mampu melakukan gerakan dasar dalam rehabilitasi medik, seperti traksi, fleksi, dan rotasi. Manuthera yang merupakan meja terapi 4 sendi ini, memiliki gerakan ergonomis yang akan membuat pasien lebih nyaman dan memudahkan fisioterapis dalam penggunaannya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang manuthera, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami di Lamina Rehab. Dokter akan membantu mendiagnosis seberapa parah lengkungan tulang belakang Anda dan mengelola gejala dengan penanganan yang tepat. Silakan hubungi nomor Assistance Center Lamina Rehab di 021-7919-6999 atau chat via whatsapp ke 0811-1443-599.

Baca juga: Penyebab Skoliosis Pada Remaja

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online