Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Basal Joint Arthritis: Penyebab Jempol Sakit Saat Ditekuk

jempol sakit saat ditekuk - Lamina Rehab
jempol sakit saat ditekuk - Lamina Rehab

Apakah jempol tangan Anda terasa sakit saat ditekuk? Hati-hati ya, kondisi ini bisa terjadi akibat kondisi basal joint arthritis. Basal joint arthritis adalah jenis radang sendi yang terjadi akibat pengikisan pada tulang rawan di sendi pangkal ibu jari tangan. Oleh karena itu, penyakit ini juga dikenal sebagai arthritis jempol. 

Apa Penyebab Basal Joint Arthritis?

jempol sakit saat ditekuk - Lamina Rehab

Basal Joint Arthritis yang menjadi penyebab jempol sakit saat ditekuk terjadi akibat berbagai faktor, antara lain: 

  • Faktor usia terutama di atas usia 40 tahun akibat perubahan struktur sendi dan kerusakan pada sendi basal tangan. 
  • Penggunaan berlebihan pada jari tangan seperti mengetik, menulis, atau mengangkat beban berat.
  • Faktor genetik atau riwayat penyakit dalam keluarga
  • Cedera pada sendi basal jari tangan, seperti patah tulang atau cedera ligamen

Seperti Apa Gejalanya? 

Beberapa gejala yang sering muncul akibat Basal Joint Arthritis mencakup:

  • Nyeri di bagian jempol tangan terutama saat menggunakannya
  • Kekakuan pada sendi basal yang terkena
  • Muncul bengkak di bagian jari tangan
  • Kesulitan menggenggam benda atau melakukan aktivitas yang memerlukan kekuatan tangan
  • Terdengar suara gemeretak saat menggerakkan jempol 

Bagaimana Cara Mengobatinya? 

Apabila merasakan nyeri yang semakin parah dan tidak juga sembuh, cara terbaik adalah dengan memeriksakan kondisi jempol Anda ke dokter ahli kami di Lamina Rehab. Dokter akan melakukan anamnesis (bertanya riwayat penyakit) dan sejumlah pemeriksaan, baik fisik maupun radiologis.

Pada kondisi nyeri yang belum parah, dokter umumnya akan memberikan terapi obat-obatan. Namun, jika Anda tidak merespon terhadap obat, maka metode pengobatan lainnya yaitu dengan terapi fisik atau fisioterapi.

Di Lamina Rehab, pengobatan basal joint arthritis bisa dilakukan dengan terapi ultrasound dan kemudian dilanjutkan dengan terapi TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation). Tujuan terapi tersebut adalah untuk menghilangkan nyeri, mengurangi peradangan, meningkatkan fleksibilitas dan mencegah kekambuhan kondisi nyeri pada jempol tangan. 

Dengan berbagai terapi tersebut, kondisi Anda akan segera membaik dan bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Segeralah berkonsultasi dengan dokter kami di Lamina Rehab dengan menghubungi nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022.

Baca juga: Ibu Jari Tangan Sakit Saat Ditekuk, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Basal Joint Arthritis?

Basal joint arthritis adalah jenis radang sendi yang terjadi akibat pengikisan pada tulang rawan di sendi pangkal ibu jari tangan. Oleh karena itu, penyakit ini juga dikenal sebagai arthritis jempol.

Apa Penyebab Basal Joint Arthritis?

Beberapa faktor penyebabnya antara lain: 1. Faktor usia 2. Penggunaan berlebihan pada jari 3. Faktor genetik 4. Cedera pada sendi basal jari tangan

Bagaimana Gejala Basal Joint Arthritis?

Beberapa gejala yang sering muncul: 1. Nyeri di bagian jempol tangan terutama saat menggunakannya 2. Kekakuan pada sendi basal yang terkena 3. Muncul bengkak di bagian jari tangan 4. Kesulitan menggenggam benda atau melakukan aktivitas yang memerlukan kekuatan tangan 5. Terdengar suara gemeretak saat menggerakkan jempol

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online