Cara Mengatasi Leher Kaku dan Tegang dengan Gerakan Ini - Lamina Rehab - Pusat Terapi Fisik dan Fungsional
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Cara Mengatasi Leher Kaku dan Tegang dengan Gerakan Ini

  • Home
  • -
  • blog
  • -
  • Cara Mengatasi Leher Kaku dan Tegang dengan Gerakan Ini
 Cara Mengatasi Leher Kaku dan Tegang dengan Gerakan Ini

Cara mengatasi leher kaku dan tegang terkadang menjadi pertanyaan saat Anda merasakannya setelah duduk seharian bekerja dengan laptop.

Otot yang menegang pada bagian leher dan bahu dapat menyebabkan rasa nyeri pada area bahu dan leher sehingga terasa sakit saat Anda mencoba menggerakkannya.

Leher pun bisa terasa kaku, tegang atau bahkan sakit saat Anda menyentuh area ini.

Anda yang memiliki kebiasaan duduk bekerja dengan laptop atau smartphone selama berjam-jam tanpa Anda sadari berpotensi mengalami leher menjadi kaku dan tegang.

Walaupun mungkin Anda sudah mencoba duduk dengan senyaman mungkin sebagai salah satu cara mengatasi leher kaku dan tegang yang bisa Anda lakukan, tetapi rasa sakit pada leher tetap saja akan mengusi bila ototnya dalam kondisi menegang terus menerus.

Gejala Pada Leher

Leher kaku, terasa sakit atau menegang yang Anda rasakan kadangkala ada beberapa gejala lain yang juga menyertainya.

Gejala lainnya tersebut dapat berupa:

  • – otot-otot leher terasa tegang dan saat Anda menyentuhnya terasa sakit  
  • – kadang nyeri sampai menjalar ke bahu, lengan, dan kepala,
  • – bisa muncul mendadak
  • – nyeri yang terus menerus lama kelamaan, tanpa Anda sadari dapat menyebabkan perubahan posisi kepala ke sisi yang tidak nyeri (tortikolis)

Bila ada kesemutan atau baal, kelemahan anggota gerak lengan menyertai leher kaku dan tegang yang Anda alami, kemungkinan ada masalah pada bantalan tulang leher (yang menonjol dan menjepit saraf tulang belakang) yang mungkin perlu pemeriksaaan yang lebih mendalam untuk menentukan penyebab dan terapi selanjutnya.

Penyebab Leher Kaku

Salah satu penyebab tersering leher kaku dan tegang adalah kontraksi otot leher secara berlebihan. Penyebab lainnya dapat mencakup:

  • 1. Posisi yang salah dalam jangka waktu yang lama, misalnya tertidur di sofa dan kursi dengan posisi yang tidak baik sehingga memicu pegal pada leher saat bangun
  • 2. Kontraksi atau menegangnya otot akibat posisi tertentu dalam jangka waktu yang lama

Faktor penyebab leher kaku dan tegang tentu tidak berdiri sendiri namun multifaktor yang saling memengaruhi, misalnya kontraksi otot, postur tubuh dan posisi leher saat bekerja, serta durasi atau lamanya posisi leher dalam posisi tertentu.

Sakit pada leher yang menyertai leher kaku juga bisa berasal dari gangguan atau adanya masalah salah satu struktur pada leher termasuk tulang belakang, ligamen, saraf, dan otot.

Lingkungan kerja juga bisa memicu leher kaku dan tegang, antara lain:

  • 1. Ergonomis kursi dan meja yang tidak sesuai saat bekerja
  • 2. Suhu pada ruangan
  • 3. Faktor pencahayaan yang buruk.
  • 4. Pekerjaan yang mengharuskan duduk lama dengan sikap monoton apalagi dilakukan dengan postur tubuh salah

Anda juga perlu menghindari duduk lama dengan posisi posisi leher dan kepala yang tidak baik dalam jangka waktu yang lama misalnya dengan jadwalkan setiap 1 jam Anda beristirahat dengan berdiri.

Melakukan latihan peregangan tertentu bisa menjadi salah satu solusinya dan dapat membantu mengurangi atau bahkan meredakan ketidaknyamanan Anda saat bekerja akibat leher terasa kaku dan sakit.

Cara Mengatasi Leher Kaku dan Tegang

Beberapa gerakan berikut dapat Anda coba sebagai salah satu cara menyembuhkan leher kaku dan tegang.

Namun untuk lebih baik lagi, nyeri leher yang Anda alami sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tahu penyebabnya secara pasti dan pengobatannya.

Pada keluhan nyeri leher yang ringan dokter akan meresepkan obat anti inflamasi non steroid untuk membantu mengatasi nyerinya. Kemungkinan dokter akan memberikan kombinasi dengan latihan atau peregangan tertentu sebagai cara mengatasi leher kaku dan tegang.

Metode TENS sebagai Cara Mengatasi Leher Kaku dan Tegang

Metode Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS) juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi leher kaku yang akan dilakukan oleh dokter dan cara ini cukup efektif untuk mengatasi kekakuan otot.

Latihan Peregangan

Latihan peregangan sebagai cara mengatasi leher kaku dan tegang yang Anda bisa coba, antara lain:

Shoulder blade squeezes

Anda bisa melakukan gerakan ini sebagai cara mengatasi leher kaku dan tegang sambil duduk atau berdiri. Letakkan kedua tangan pada sisi tubuh dan relaks. Dorong bahu ke arah belakang hingga tulang belikat pun menegang. Tahan kira-kira 5 detik dan kembali pada posisi awal. Ulangi gerakan ini 10 kali.

Memiringkan kepala

Miringkan kepala ke arah bahu kiri dan kanan secara bergantian, tahan sebentar kira-kira 10 detik. Lakukan sepuluh kali setiap sisinya.

Memutar kepala

Putar kepala Anda, seperti menengok, ke arah kanan atau kiri. Tahan 10 detik dan ulangi sepuluh kali ke setiap sisinya.

Menundukkan kepala

Tundukkan kepala hingga dagu menyentuh dada bagian atas. Ulangi tiga kali dan tahan 30 detik.

Memutar bahu

Angkat kedua bahu Anda, lalu putar ke depan sebanyak 5 kali. Kemudian kembali posisi semula. Lakukan gerakan ini dengan arah yang berbeda yaitu memutar ke arah belakang.

Cara mengatasi leher kaku dan tegang yang lainnya adalah dengan:

  • Kompres hangat atau dingin pada area leher
  • Melakukan pijat sederhana
  • Mengoleskan krim hangat atau dingin
  • Memperbaiki posisi tidur dan hindari posisi tengkurap saat tidur

Konsultasikan dengan dokter bila nyeri pada leher tetap berlangsung. Kemungkinan kondisi ini memerlukan pemeriksaan penunjang radiologis lainnya, misalnya rontgen, MRI.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10.00 - 22.00
Selasa : 10.00 - 22.00
Rabu : 10.00 - 22.00
Kamis : 10.00 - 22.00
Jumat : 10.00 - 22.00
Sabtu : 10.00 - 22.00
Minggu : Closed

©2020, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online