Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Fisioterapi untuk Nyeri Leher dengan Terapi Ultrasound

fisioterapi untuk nyeri leher - Lamina Rehab
fisioterapi untuk nyeri leher - Lamina Rehab

Nyeri leher, baik akut maupun kronis dapat menjadi masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Anda mungkin saja akan kesulitan dalam menggerakkan leher sehingga pasti akan menghambat aktivitas yang dilakukan. Penyebabnya pun beragam, misalnya cedera, postur tubuh yang buruk, atau kondisi medis seperti radang sendi.

Namun, kini ada terapi fisik yang efektif dalam penanganan nyeri leher yaitu dengan menggunakan ultrasound. Terapi ini menawarkan solusi non-invasif untuk meredakan nyeri leher serta meningkatkan fungsi dan kualitas hidup.

Apa Itu Terapi Ultrasound?

Terapi ultrasound merupakan bentuk fisioterapi yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk merangsang sel-sel di dalam jaringan tubuh. Pada umumnya, terapi ini digunakan untuk mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi darah, dan meredakan nyeri. Dalam konteks nyeri leher, terapi ultrasound dapat diarahkan secara langsung ke daerah yang terkena untuk memberikan manfaat khusus.

Bagaimana Terapi Ultrasound Bekerja pada Nyeri Leher?

  1. Gelombang ultrasonik dapat merangsang peredaran darah di daerah yang terkena, membantu mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan pasokan nutrisi ke jaringan yang rusak.
  2. Terapi ini dapat merangsang aktivitas sel-sel yang terlibat dalam proses penyembuhan, termasuk produksi kolagen yang mendukung struktur jaringan.
  3. Gelombang ultrasonik dapat membantu mengurangi peradangan pada daerah yang terkena, yang seringkali menjadi penyebab nyeri leher.

Prosedur Terapi Ultrasound

Proses terapi ultrasound umumnya melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Sebelum terapi dimulai, dokter akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi leher untuk menentukan area yang perlu mendapatkan perhatian khusus.
  • Gel ultrasonik akan dioleskan pada kulit di area yang akan diobati. Gel ini membantu mentransmisikan gelombang ultrasonik ke dalam jaringan dengan lebih efektif.
  • Fisioterapis akan mengatur frekuensi dan intensitas gelombang ultrasonik sesuai dengan kebutuhan dan toleransi pasien.
  • Selama sesi terapi, alat ultrasonik akan digerakkan dengan lembut di sepanjang daerah yang terkena. Pasien mungkin merasakan sedikit kehangatan, tetapi terapi ini umumnya tidak menyakitkan.

Setelah sesi terapi selesai, fisioterapis dapat melakukan evaluasi lanjutan untuk menilai respon pasien dan menyesuaikan rencana perawatan jika diperlukan.

Apabila mengalami nyeri leher, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk diagnosis awal dan penggunaan terapi yang tepat. 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi tim Assistance Center kami di nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Terapi Ultrasound?

Terapi ultrasound merupakan bentuk fisioterapi yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk merangsang sel-sel di dalam jaringan tubuh. Pada umumnya, terapi ini digunakan untuk mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi darah, dan meredakan nyeri.

Bagaimana Akibat dari Nyeri Leher?

Anda mungkin saja akan kesulitan dalam menggerakkan leher sehingga pasti akan menghambat aktivitas yang dilakukan. Penyebabnya pun beragam, misalnya cedera, postur tubuh yang buruk, atau kondisi medis seperti radang sendi.

Bagaimana Prosedur Terapi Ultrasound?

Beberapa langkah prosedur terapi, sebagai berikut: 1. Dokter melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi leher 2. Gel ultasonik akan dioleskan pada kulit di area yang akan diobati 3. Fisioterapis akan mengatur frekuensi dan intensitas gelombang ultrasonik sesuai dengan kebutuhan dan toleransi pasien.

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online