Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Ikuti 7 Cara Ini untuk Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk

memperbaiki postur bungkuk - Lamina Rehab
memperbaiki postur bungkuk - Lamina Rehab

Postur tubuh yang buruk, terutama postur bungkuk, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti nyeri punggung, sakit leher, dan bahkan masalah pernapasan. Oleh karena itu, penting untuk memperbaiki dan menjaga postur tubuh bungkuk agar tetap sehat. 

Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk

Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut.

1. Perhatikan Postur Tubuh

Langkah pertama dalam memperbaiki postur adalah meningkatkan kesadaran tubuh. Perhatikan posisi tubuh Anda sepanjang hari, terutama saat duduk di meja kerja atau menggunakan gadget. Seringkali, kita tidak sadar bahwa kita mengambil posisi yang buruk, yang dapat berkontribusi pada postur bungkuk.

2. Latihan Peregangan

Latihan peregangan dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan fleksibilitas, yang dapat membantu memperbaiki postur. Peregangan untuk otot-otot utama seperti leher, bahu, punggung, dan pinggul dapat sangat bermanfaat. Cobalah peregangan sederhana seperti menjulurkan lengan dan menggerakkan kepala dari sisi ke sisi secara perlahan.

3. Latihan Kekuatan

Menguatkan otot-otot inti dan postur dapat membantu mendukung tulang belakang dan mencegah postur bungkuk. Latihan seperti plank, bridge, dan latihan dengan bola kecil dapat memperkuat otot-otot inti, pinggul, dan punggung.

4. Posisi Duduk yang Baik

Saat duduk, pastikan posisi tulang belakang Anda tegak dan bahu rileks. Gunakan bantalan atau kursi yang mendukung lengkungan alami punggung Anda. Hindari duduk dalam posisi yang tidak nyaman atau membungkuk ke depan terlalu lama.

5. Ergonomi di Tempat Kerja

Jika pekerjaan Anda melibatkan banyak waktu duduk di depan komputer, pastikan meja dan kursi Anda diatur sedemikian rupa sehingga mendukung postur tubuh yang baik. Monitor komputer harus sejajar dengan mata Anda dan kursi harus mendukung lengkungan punggung bawah.

6. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang berlebih dapat memberikan tekanan tambahan pada tulang belakang dan menyebabkan postur bungkuk. Menjaga berat badan ideal melalui pola makan sehat dan olahraga teratur dapat membantu mencegah dan memperbaiki postur tubuh.

7. Istirahat yang Cukup

Ketegangan otot dan kelelahan dapat mempengaruhi postur. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam agar tubuh Anda dapat pulih dan mempertahankan postur yang baik.

Memperbaiki postur bungkuk memerlukan kesadaran, perawatan diri, dan komitmen untuk mengubah kebiasaan sehari-hari. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat meningkatkan postur tubuh, mengurangi risiko masalah kesehatan, dan memiliki gaya hidup yang lebih sehat secara keseluruhan. Ingatlah bahwa perubahan postur memerlukan waktu, jadi bersabarlah dan konsisten dalam upaya Anda.

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Buruk Agar Tegap dan Ideal

Frequently Asked Questions (FAQ)

Bagaimana Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk?

1. Perhatikan postur tubuh 2. Latihan peregangan 3. Latihan kekuatan 4. Posisi duduk yang baik 5. Ergonomi di tempat kerja 6. Jaga berat badan ideal 7. Istirahat yang cukup

Bagaimana Cara Melatih Kekuatan Otot Inti dan Postur Tubuh?

Menguatkan otot-otot inti dan postur dapat membantu mendukung tulang belakang dan mencegah postur bungkuk. Latihan seperti plank, bridge, dan latihan dengan bola kecil dapat memperkuat otot-otot inti, pinggul, dan punggung.

Apa Pentingnya Menjaga Postur Tubuh?

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat meningkatkan postur tubuh, mengurangi risiko masalah kesehatan, dan memiliki gaya hidup yang lebih sehat secara keseluruhan.

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online