Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Atasi Nyeri pada Otot dengan Terapi Gelombang Kejut atau ESWT

atasi nyeri otot dengan eswt

Salah satu cara untuk membantu atasi nyeri pada otot yaitu dengan terapi ESWT. ESWT atau Extracorporeal Shockwave Therapy merupakan solusi terkini berupa teknik pengobatan non-invasif yang menggunakan gelombang kejut. Manfaatnya yaitu untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan proses penyembuhan.

Apa itu ESWT?

ESWT adalah teknologi medis modern yang bertujuan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan termasuk nyeri otot, nyeri punggung, dan masalah pada persendian. ESWT melibatkan penggunaan gelombang suara atau kejut dengan intensitas yang tinggi untuk merangsang proses penyembuhan tubuh.

Bagaimana ESWT Bekerja?

Extracorporeal Shockwave Therapy (ESWT) adalah terapi non-invasif yang menggunakan gelombang kejut intensitas tinggi untuk merangsang pemulihan jaringan. Terapi ini bekerja dengan menghasilkan gelombang akustik yang bergerak melalui permukaan kulit dan masuk ke dalam jaringan yang terletak di bawahnya.

Gelombang kejut tersebut mampu membantu merangsang aliran darah ke area yang terkena, meningkatkan regenerasi sel, mempercepat penyembuhan luka, dan meredakan nyeri dengan mengurangi peradangan.

Selain itu, terapi ESWT juga dapat merangsang produksi kolagen, yang merupakan protein untuk memperbaiki jaringan ikat dan tulang. Fungsi lainnya dari ESWT yaitu juga dapat mempengaruhi sinyal saraf yang terkait dengan rasa sakit, sehingga dapat membantu meredakan nyeri kronis dan nyeri akibat tekanan pada saraf.

Terapi ini biasanya dilakukan dalam beberapa sesi tergantung pada kondisi pasien dan seberapa parahnya masalah yang dihadapi.

Apa Saja Manfaat dari ESWT?

ESWT memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi rasa sakit pada otot, membantu proses penyembuhan jaringan, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi pembengkakan dan peradangan pada persendian.

Terapi ESWT juga merupakan prosedur non-invasif yang relatif tidak berbahaya, sehingga Anda dapat menjalani terapi ini tanpa perlu melakukan operasi atau suntikan obat-obatan yang mahal.

Apa Saja Kondisi Kesehatan yang Membutuhkan ESWT?

ESWT dapat membantu mengobati berbagai kondisi kesehatan, termasuk:

  • Nyeri pada otot dan persendian
  • Cervical syndrom
  • Tendinitis subscute dan kronis
  • Plantar fasciitis
  • Sindrom nyeri patella-femoral
  • Epikondilitis lateral
  • Sindrom pyriformis
  • Sindrom iliotibial

Kapan Harus Mencari Terapi ESWT?

ESWT dapat menjadi solusi alternatif untuk Anda yang menderita nyeri kronis yang tidak merespons terhadap terapi konvensional seperti terapi fisik dan obat-obatan. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang memerlukan terapi ESWT, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi terlebih dahulu. Silakan menghubungi Assistance Center Lamina Rehab di nomor 021-7919-6999 atau chat kami via whatsapp ke 0811 1443 599.

Baca juga: Apa itu Terapi ESWT? Yuk, Cari Tahu Di Sini!

Referensi: 

Reilly, J. M., & Bluman, E. M. (2018). Extracorporeal shockwave therapy. American journal of orthopedics (Belle Mead, N.J.), 47(11).

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online