Fisioterapi Ultrasound Bermanfaat Mengurangi Nyeri Otot - Lamina Rehab - Pusat Terapi Fisik dan Fungsional
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Fisioterapi Ultrasound Bermanfaat Mengurangi Nyeri Otot

  • Home
  • -
  • blog
  • -
  • Fisioterapi Ultrasound Bermanfaat Mengurangi Nyeri Otot
 Fisioterapi Ultrasound Bermanfaat Mengurangi Nyeri Otot

Fisioterapi ultrasound dapat menjadi salah satu jalan keluar untuk membantu Anda mengatasi nyeri.

Nyeri otot dan/sendi (musculoskeletal) adalah salah satu dari berbagai keluhan lainnya yang sangat mengganggu kenyamanan dalam bekerja. Bahkan bisa saja menurunkan produktivitas dalam menyelesaikan pekerjaan setiap harinya.

Bagaimana bisa lancar bekerja bila nyeri otot, nyeri sendi, kesemutan, otot kaku, kelelahan mengiringi Anda setiap saat.

Dokter sering menganjurkan ultrasonografi terapeutik dalam pengobatan nyeri lutut, bahu dan pinggul dan kadang dokter menggabungkannya dengan modalitas terapi lainnya.

Fisioterapi Ultrasound Bagaimana Cara Kerjanya?

Alat ini adalah theurapeutic ultrasound. Theurapeutic adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti pengobatan atau terapeutik.

Ultrasonografi terapeutik adalah teknik yang memanfaatkan gelombang suara (menimbulkan getaran) untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri dan meningkatkan fungsi sendi. Getaran yang dihasilkan dengan berfrekuensi tinggi sehingga getaran tersebut tidak akan terasa pada pasien yang sedang menjalaninya.  

Ultrasound merupakan salah satu pilihan dalam terapi fisik untuk membantu mengatasi nyeri dan memperbaiki kerja atau fungsi sendi yang mungkin disebabkan oleh pengapuran sendi (osteoartritis/OA).

Alat fisioterapi ultrasound ini memiliki efek deep heating atau pemanasan panas yang bertujuan hingga lapisan dalam tubuh.

Ultrasound ini merupakan terapi dengan menggunakan gelombang suara dengan frekuensi lebih dari 20.000 Hz.

Biasanya dalam fisioterapi ultrasound ini menggunakan 0,5-5 Hz dengan tujuan menimbulkan efek terapeutik melalui proses tertentu.

Jika gelombang ultrasound masuk ke dalam jaringan maka akan timbul efek biologis.

Gelombang ultrasound diserap oleh jaringan dalam berbagai ukuran bergantung pada frekuensi. Bila frekuensi rendah maka penyerapannya juga rendah. Begitu pula dengan frekuensi tinggi maka penyerapannya akan tinggi pula.

Jadi gelombang ultrasound akan bergantung pada frekuensi, penyerapan dan kedalaman efek gelombang suara dari ultrasound.

Terdapat dua efek pada ultrasound ini yaitu efek termal atau pemanasan jaringan baik jaringan dalam maupuan permukaan. Berikutnya adalah efek mekanis seperti efek pijat (masase) yang dapat memengaruhi proses pemulihan atuu regenerasi jaringan.

Dampak Positif Ultrasound Pada Jaringan

Ultrasound ini memiliki beberapa efek biologis antara lain membantu:

  • -Memperbaiki atau meningkatkan sirkulasi darah
  • Relaksasi otot akibat perbaikan sirkulasi darah sehingga otot lebih relaks.
  • – Mempercepat proses penyembuhan jaringan
  • -Mengurangi atau meredakan nyeri

Untuk indikasi, ultrasound dapat bermanfaat terhadap beberapa kondisi berikut ini:

  • 1) Masalah pada jaringan tulang, sendi dan otot
  • 2) Pasca-cedera
  • 3) Fraktur
  • 4) Rheumathoid Arthritis pada stadium tidak aktif
  • 5) Masalah pada sirkulasi darah
  • 6) Jaringan parut atau skar

Namun beberapa kondisi yang berkaitan dengan varises, mata, jantung, ibu hamil merupakan contoh kondisi yang kontraindikasi fisioterapi ultrasound.

Beberapa Studi Terkait Manfaat Fisioterapi Ultrsound

Salah satu studi dalam jurnal Orthopedic Surgery (2011) menyimpulkan ultrasound secara signifikan membantu meredakan gejala nyeri dan bengkan pada sendi sambil meningkatkan mobilitas sendi dan mengurangi peradangan pada osteoartritis.

Studi lainnya tahun 2016 gelombang ultrasound memiliki manfaat dalam mengurangi nyeri lutut (selama sekitar 4 minggu) sehingga dapat meningkatkan fungsi serta kualitas hidup pada penderitanya.

Fisioterapi Ultrasound pada Pengapuran/Artritis

Artritis atau peradangan pada sendi ditandai dengan adanya kerusakan tulang rawan, pertumbuhan tulang yang tidak normal atau taji tulang, serta perubahan jaringan lunak sekitar sendi misalnya membran sinovial, ligamen, dan otot yang mengelilingi persendian.

Efek termal dari ultrasound dapat mengurangi ketegangan pada otot dan ligament. Dan efek mekanis dari ultrasound ini dapat secara perlahan memperbaiki tulang rawan.

Sebelum memutuskan fisioterapi ultrasound, dokter akan melakukan pemeriksaan secara komprehensif penyebab nyeri yang Anda alami. Mungkin dokter memerlukan hasil penunjang radiologis seperti MRI.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10.00 - 22.00
Selasa : 10.00 - 22.00
Rabu : 10.00 - 22.00
Kamis : 10.00 - 22.00
Jumat : 10.00 - 22.00
Sabtu : 10.00 - 22.00
Minggu : Closed

©2020, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online