Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Kebiasaan Sepele Penyebab Nyeri Pinggang Belakang

nyeri pinggang belakang

Nyeri pinggang belakang dapat menyebabkan penderita tidak nyaman. Nyeri pinggang belakang dapat terjadi pada segala usia, karena berbagai alasan. Untuk itu, sebaiknya jangan meremehkan penyakit nyeri pinggang belakang hingga menimbulkan kondisi serius. 

Bahkan gara-gara nyeri pinggang belakang, seseorang bisa terhambat aktivitas hariannya. Berikut kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan masalah ini tidak banyak orang sadari: 

Kebiasaan duduk membungkuk

Kebiasaan duduk membungkuk dapat menyebabkan tulang punggung berlawanan dengan pergerakannya secara normal. Kemudian, kebiasaan duduk membungkuk ke depan juga dapat memberi tekanan lebih besar pada pinggang bawah.

Untuk menghindari kebiasaan duduk membungkuk, kamu bisa meregangkan dan melakukan gerakkan kepala serta leher dengan lembut ke atas dan ke bawah dan ke kanan dan kiri setiap setengah jam.

Baca juga: Cara Mudah Terbebas dari Nyeri Tulang Belakang yang Paling Efektif!

Kebiasaan duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama merupakan kebiasaan yang menjadi penyebab paling umum nyeri pinggang belakang. Hal ini, karena duduk pada posisi tersebut bisa menekan otot punggung, leher, dan tulang belakang.

Kamu sebaiknya duduk dalam posisi tegak pada kursi penopang pinggang belakang dan atur ketinggiannya agar kaki dapat beristirahat secara alami. Bangun dan bergeraklah selama beberapa menit setiap setengah jam setelah duduk terlalu lama untuk memberikan istirahat ataupun peregangan pada bagian tubuh. 

Tidur pada kasur yang tidak nyaman

Tidur pada kasur yang tidak nyaman atau masyarakat biasa menyebut dengan salah kasur juga dapat menyebabkan sakit pinggang belakang. Sebaiknya kamu memilih kasur yang baik dan cukup kuat untuk menopang punggung dan cukup lembut sesuai dengan bentuk tubuh.

Kamu juga bisa mengubah posisi tidur dengan terlentang jika menderita sakit pinggang belakang. Memang sulit untuk mengubah cara tidur karena hal tersebut sudah menjadi kebiasaan.

Selain itu, kamu juga bisa menyelipkan bantal di antara kaki untuk menekan pinggul dan juga pinggang bagian belakang. Posisi ini bisa sangat nyaman terutama untuk mereka yang memiliki keluhan nyeri pinggang belakang atau pada wanita hamil.

Makan terlalu banyak

Makan terlalu banyak bisa meregangkan tulang dan juga otot pada bagian pinggang belakang. Sebaiknya kamu memilih asupan makanan yang penuh nutrisi agar agar untuk kebutuhan kalori tercukupi sehingga tidak makan secara berlebih.

Memilih makanan yang salah

Untuk kamu ketahui, memilih makanan yang salah juga dapat menyebabkan nyeri pinggang belakang lho. Hal ini karena tubuh kamu kekurangan asupan protein tanpa lemak, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan juga lemak sehat. Kamu bisa mengonsumsi jenis makanan seperti, alpukat dan salmon untuk membangun otot, tulang, dan jaringan lunak agar terhindar dari nyeri pinggang belakang.

Jarang olahraga

Penyebab lain dari nyeri pinggang belakang adalah kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga. Kamu bisa memilih jenis olahraga seperti, angkat beban, berjalan, bersepeda, berenang dan melakukan kegiatan sehari-hari seperti naik turun tangga mengurangi sakit pada tulang belakang bawah.

Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan nyeri pinggang belakang. Hal ini akibat terhambatnya aliran darah, termasuk ke tulang belakang. Penyakit yang timbul adalah batuk secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama, sehingga memunculkan nyeri pinggang.

Kebiasaan membawa tas terlalu berat

Kebiasaan membawa tas dengan isi terlalu berat juga dapat menyebabkan masalah ini. Sebaiknya kamu tidak membawa tas dengan berat lebih dari 20% ukuran berat badan. Kamu juga bisa menyesuaikan tali bahu yang besar dan empuk, untuk membantu meringankan bobot tas.

Baca juga: Jangan Sembarangan! Ini Tips Menjaga Kesehatan Punggung Setelah Fisioterapi!

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online