Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Rehabilitasi Medik Efektif Kembalikan Fungsi Tubuh yang Mengalami Gangguan

rehabilitasi medik kembalikan fungsi tubuh

Rehabilitasi medik adalah terapi yang bertujuan untuk memulihkan dan kembalikan fungsi tubuh yang bermasalah akibat cedera, penyakit tertentu ataupun pasca operasi. Jika Anda pernah mengalami beberapa hal tersebut, kemungkinan dokter akan menyarankan rehabilitasi medik yang akan disesuaikan dengan kondisi dan keterbatasan fisik yang dialami. Lantas, seperti apa proses rehabilitasi ini dan apa saja terapinya? Berikut ulasan selengkapnya.

Peran Rehabilitasi Medik dalam Proses Penyembuhan

Layanan rehabilitasi medik merupakan terapi kesehatan terhadap berbagai gangguan fisik dan fungsi tubuh melalui penanganan intervensi medik, keterapian fisik atau rehabilitatif guna mencapai kemampuan fungsi secara optimal.

Tujuan dari rehabilitasi medik yaitu:

  • Mengembalikan fungsi tubuh, meningkatkan fleksibilitas dan menguatkan otot serta persendian
  • Mencegah komplikasi tirah baring atau penyakit yang mungkin dapat membawa dampak kecacatan
  • Mencegah cedera berulang di kemudian hari
  • Mempertahankan kualitas hidup
  • Mengupayakan kehidupan yang lebih berkualitas

Kondisi yang Dapat Ditangani

Dalam dunia kedokteran, ada spesialisasi kedokteran fisik dan rehabilitasi yang berperan dalam mengupayakan penyembuhan dan rehabilitasi pasien akibat kondisi tertentu. Alih-alih menggunakan obat-obatan, dokter biasanya menjalankan tugasnya secara holistik dan fokus pada terapi modalitas fisik untuk menangani kondisi pasien.

Ada beberapa kondisi yang dapat tertangani dengan terapi ini, antara lain:

  • Penyakit jantung
  • Nyeri leher, punggung dan pinggang
  • Stroke
  • Skoliosis
  • Penyakit paru obstruktif
  • Patah pinggul
  • Obesitas
  • Perubahan terkait usia dan faktor biologis
  • Arthritis atau radang sendi
  • Saraf kejepit
  • Pasca tindakan operasi

Jenis Terapi di Lamina Rehab

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi umumnya akan menilai kondisi pasien berdasarkan surat rujukan dari dokter yang sebelumnya menangani penyakit yang Anda alami. Dari surat rujukan dan catatan riwayat kesehatan, kemudian dokter akan menentukan terapi yang tepat dan sesuai dengan kondisi pasien.

Beragam terapi yang bisa Anda lakukan di Lamina Rehab, antara lain:

Latihan Fisik

Terapi dilakukan dengan melakukan berbagai gerakan peregangan ataupun penguatan otot pada pasien yang mengalami keterbatasan pada gerak dan fungsi tubuh. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi risiko terjadinya cedera berulang di kemudian hari.

Microwave Diathermy (MWD)

Teknik fisioterapi yang menghantarkan suhu panas atau hangat menuju target organ untuk membantu mengurangi peradangan dan nyeri, meningkatkan sirkulasi darah, merelaksasi otor serta meningkatkan daya tahan jaringan.

TENS

Salah satu modalitas yang bekerja dengan memanfaatkan energi listrik yang telah melewati modifikasi untuk merangsang sistem saraf dan memblokir sinyal nyeri ke otak. TENS juga akan meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat meredakan rasa nyeri.

Ultrasound

Terapi ini menggunakan teknologi ultrasound atau gelombang suara untuk mestimulasi suhu pada jaringan tubuh yang mengalami gangguan. Terapis akan menyesuaikan intensitas terapi berdasarkan penyakit pasien. Untuk pengobatan muskuloskeletal, terapi ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah, mengurangi peradangan dan memperlunak jaringan luka sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Manuthera

Penggunaan Manuthera sebagai terapi manual bertujuan untuk mengatasi beberapa masalah pada tulang belakang ataupun disfungsi sendi. Alat Manuthera meja terapi dengan 4 sendi ini memiliki gerakan yang sangat ergonomis, sehingga lebih memudahkan dan membuat pasien merasa nyaman. Selain itu, mobilisasi bisa dilakukan dengan tiga dimensi yaitu traksi, fleksi, lateral fleksi dan rotasi menggunakan gravitasi.

Dengan berbagau terapi tersebut, hasil dari rehabilitasi medik tergantung dari tingkat keparahan kondisi pasien dan kemampuan tim rehabilitasi yang menangani. Tak hanya itu, motivasi dan semangat pasien juga berperan penting selama proses rehabilitasi.

Jadi, itulah fungsi dan ragam terapi rehabilitasi medik yang bisa Anda lakukan sesuai kebutuhan. Silakan berkonsultasi dengan dokter rehabilitasi medik di Lamina Rehab untuk terapi yang sesuai kondisi kesehatan Anda.

Yuk, chat dan hubungi Assistance Center kami pada nomor yang tertera sekarang juga!

Baca juga: Terapi Latihan Fisioterapi Pada Skoliosis Apa Saja?

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online