Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Tabata, Metode Efektif Turunkan Berat Badan!

tabata

Tabata adalah metode olahraga yang ditemukan ilmuwan Jepang. Metode ini pertama ditemukan Izumi Tabata seorang ilmuwan Jepang. Dirinya berusaha mencari cara efektif untuk meningkatkan kebugaran atlet skating yang akan menghadapi event perlombaan.

Izumi Tabata menemukan fakta menarik terkait metode olahraga dengan durasi 4 menit dalam 4 hari dengan durasi 1 minggu. Dengan durasi waktu tersebut dan intensitas latihan yang tinggi, dirinya mengungkapkan bahwa metode olahraga ini lebih efektif daripada olahraga dengan durasi 1 jam selama 5 hari. 

Penelitian metode tabata

Penelitian soal metode olahraga tabata berlangsung pada tahun 1996 dengan membagi para atlet ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok atlet yang menjalankan metode olahraga dengan intensitas tinggi dan kelompok atlet yang menjalankan metode olahraga ini dengan intensitas sedang. 

Kelompok yang melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, mereka merasakan adanya peningkatan pada sistem otot dan juga kardiovaskular, sedangkan kelompok yang melakukan olahraga dengan yang intensitas sedang tidak terlalu merasakan perubahan signifikan. Hal inilah yang membuat metode olahraga ini efektif untuk menurunkan berat badan. 

Baca juga: Begini Cara Pengobatan Nyeri Leher Belakang Dari Rumah

Cara melakukan metode olahraga tabata

Olahraga dengan metode ini melibatkan latihan fisik dengan intensitas yang tinggi namun hanya memerlukan waktu selama empat menit. Selama durasi waktu tersebut, kamu harus melakukan beberapa tahapan dan ketentuan seperti berikut: 

  1. Sebelum memulai metode olahraga ini, sebaiknya kamu melakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu. 
  2. Kamu bisa mengawalinya dengan empat menit latihan metode ini menggunakan gerakan olahraga intensitas tinggi selama 20 detik. Gerakan pembuka ini memerlukan kemampuan dan juga kekuatan fisik yang maksimal. 
  3. Jika kamu merasa lelah, kamu bisa rehat selama 10 detik setelah 20 detik melakukan olahraga. Komposisi 30 detik ini termasuk dalam putaran pertama atau satu kali olahraga dalam 1 set tabata. 
  4. Kamu bisa mengulang olahraga set pertama sebanyak 8 kali set dengan menggunakan gerakan yang sama pada tiap set yang kamu kerjakan. 
  5. Jika kamu sudah berhasil melakukan 8 set secara berturut-turut, kamu bisa beristirahat sebentar selama 1 menit dan pada set berikutnya dengan menggunakan gerakan yang berbeda. 

Kamu juga bisa mengawali metode olahraga tabata dengan menggunakan gerakan push-up. Kamu bisa melakukan gerakan push-up dengan intensitas tinggi selama 20 detik dan beristirahat selama 10 detik. Setelah beristirahat 10 detik, kamu bisa memulainya kembali dengan menambah intensitasnya menjadi melakukan push-up selama 20 detik. Kamu bisa melakukan hal yang sama seperti set pertama dengan beristirahat selama 10 detik lagi. Lakukan berulang hingga kamu mampu menyelesaikan sampai 8 set dengan tahapan yang sama. 

Jika kamu sudah berhasil menyelesaikan 8 set penuh dengan gerakan push-up, kamu bisa menggantinya dengan variasi gerakan olahraga lain dan beristirahat selama 1 menit. Beberapa jenis olahraga yang bisa kamu kerjakan, seperti sit up, body weight squat, lompat tali, mountain climber ataupun jenis olahraga lain yang bermanfaat untuk menguatkan otot. 

Manfaat olahraga dengan metode tabata 

Metode olahraga ini juga berdasarkan gerakan dan intensitas latihannya merupakan bagian improvisasi dari metode olahraga HIIT atau High Intensity Interval Training. Hal ini karena metode olahraga ini menggabungkan latihan kardio dan juga latihan kekuatan secara bersamaan dalam waktu singkat.

Secara umum, metode olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan juga performa olahraga. Selain itu dengan melakukan metode olahraga ini, kamu juga bisa merasakan keuntungan lain, seperti: 

Menghemat waktu

Metode olahraga ini cocok untuk kamu yang memiliki kesibukan luar biasa. Kamu hanya perlu waktu 4 menit untuk bisa berolahraga dengan efektif.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Metode olahraga tabata efektif untuk menurunkan berat badan. Bahkan metode olahraga ini lebih banyak membakar lemak daripada melakukan olahraga aerobik selama 60 menit.

Mendorong kinerja jantung dan paru 

Metode olahraga tabata cocok untuk melatih fungsi jantung dan paru. Selain itu, dengan metode olahraga tabata tubuh juga bisa mengalirkan darah dan oksigen ke dalam jantung dan sel otot tubuh. 

Meningkatkan performa olahraga

Metode olahraga tabata juga bisa meningkatkan kapasitas aerobik dan juga anaerobik yang bermanfaat untuk memperbaiki kinerja fisik dan membuat kamu menjadi lebih bersemangat saat beraktivitas harian dan terhindar dari kelelahan.

Menguatkan massa otot

Dengan melakukan metode olahraga tabata, kamu juga bisa memberikan beban pada otot dan membangun massa otot termasuk pada ukuran serta kekuatannya. 

Baca juga: Sering Olahraga? Waspada 4 Cedera Olahraga yang Sering Dialami Para Atlet!

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online