Edit Content

Tentang Kita

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anastesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi professional dalam satu atap (one stop services)

Info Kontak

Perhatikan 3 Gerakan Peregangan Ini Untuk Redakan Nyeri Saraf Kejepit

gerakan peregangan untuk saraf kejepit

Untuk meredakan nyeri, ada beberapa gerakan peregangan untuk penderita saraf kejepit yang sebaiknya dilakukan. Sebagian orang mungkin masih merasa takut untuk melakukan aktivitas seperti berolahraga atau sekedar stretching (meregangkan tubuh). Hal ini karena masih banyaknya kekhawatiran jika olahraga hanya akan meningkatkan risiko saraf kejepit yang bertambah parah.

Sekilas Tentang Saraf Kejepit

Ilustrasi seorang pria mengalami saraf kejepit di pinggang

Saraf kejepit merupakan suatu kondisi ketika ada bantalan ruas tulang belakang yang keluar dan menonjol sehingga menekan saraf di sekitarnya. Faktor pertambahan usia, aktivitas yang berulang-ulang, postur tubuh yang tidak tepat, atau cedera olahraga atau terjatuh bisa menjadi penyebab terjadinya saraf kejepit ini. Biasanya, Anda yang berusia 30-40 tahun ke atas sangat rentan terkena saraf kejepit.

Gejalanya pun berbeda tergantung dari tingkat keparahan pasien. Biasanya, Anda akan merasakan kebas, kesemutan, ada sensasi tertusuk atau terbakar di bagian yang terkena, ataupun melemahnya otot. Kondisi ini dapat menyebabkan kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitas harian.

Selain terapi obat-obatan, Anda juga sebaiknya melakukan gerakan peregangan untuk meredakan nyeri akibat saraf kejepit.

Peregangan yang Aman untuk Saraf Kejepit

Melansir laman Healthline, ada beberapa jenis peregangan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.  Carilah tempat yang sesuai untuk melakukan gerakan dan posisikan diri Anda senyaman mungkin. Peregangan ini dapat dilakukan jika Anda mengalami saraf kejepit pada bagian punggung bawah (lower back).

Knees to Chest

  • Berbaringlah di lantai menggunakan yoga mat atau karpet.
  • Tekuk kedua lutut dan arahkan kaki ke atas menghadap atap. Kaki tetap berada di lantai.
  • Angkat lutut ke arah dada dan tahan gerakan selama kurang lebih 10 hingga 20 detik.
  • Lepaskan kaki ke lantai dan tetap pada posisi semula.

Mobilizing Stretch

  • Mulailah berbaring dengan posisi yang sama seperti knee to chest stretch.
  • Angkat satu kaki mengarah ke atas dan jangan meluruskan jari kaki.
  • Tahan di atas selama kurang lebih 20 sampai 30 detik, kemudian lepaskan.
  • Ulangi gerakan ini pada bagian kaki lainnya.

Gluteal Stretch

  • Tekuk kedua kaki dan angkat paha. Letakkan satu kaki ke paha lainnya.
  • Pegang paha yang menopang kaki Anda dan tarik ke arah dada.
  • Tahan posisi ini selama 20 hingga 30 detik dan lepaskan.
  • Ulangi pada bagian kaki lainnya.

Gunakan yoga mat, handuk ataupun karpet untuk berbaring saat melakukan gerakan. Anda bisa mengulang masing-masing gerakan sebanyak dua hingga tiga kali. Pastikan juga untuk menarik nafas dalam saat melakukan peregangan.

Selalu konsultasikan masalah saraf kejepit Anda ke dokter ahli di Klinik Lamina Rehab. Anda bisa meminta fisioterapis atau ahli rehab medik untuk memastikan jika setiap gerakan dilakukan dengan cara yang tepat. Sehingga gerakan tersebut tidak memperparah kondisi saraf kejepit Anda.

Segera hubungi Care Line Officer Klinik Lamina Rehab pada nomor kontak yang tertera di website ini. Atau bisa juga berkonsultasi langsung dengan dokter kami di klinik terdekat.

Baca juga: Cara Mengatasi Saraf Kejepit Dengan Olahraga Sederhana

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Rehab merupakan layanan kesehatan terpadu, didukung tim dokter spesialis orthopaedi, spesialis anestesi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis bedah saraf, dan tenaga fisioterapi profesional dalam satu atap (one stop services)

We’re Available

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Closed

©2022, Lamina Rehab. All Rights Reserved.

    Daftar Online